top of page

Upload Foto Tanpa Buka Aplikasi, Gimana caranya?



Mengunggah foto di Instagram kini bisa dilakukan secara langsung lewat home screen tanpa harus membuka aplikasi. Pasalnya, Instagram kini memiliki shortcut alias jalan pintas sebagai akses cepat untuk mengunggah foto, video, hingga melihat notifikasi.


Tidak hanya mengunggah foto atau video, ada pula jalan pintas untuk mengakses fitur lain seperti direct message (pesan langsung), view activity (melihat aktivitas), dan kamera. Untuk masuk ke dalam akses cepat ini, cukup tekan dan tahan ikon aplikasi Instagram. Nantinya akan muncul sejumlah opsi dan pilih fitur apa saja yang ingin dibuatkan jalan pintas seperti ilustrasi di bawah ini.


Pengguna Android kini sudah bisa mencobanya. Namun, jika belum tersedia di ponsel Anda, cobalah perbarui aplikasi Instagram di Play Store terlebih dahulu. Dengan cara ini, pengguna bisa langsung masuk ke dalam fitur tanpa harus membuka aplikasi utama Instagram.




Cara ini sebenarnya sudah diuji coba sejak tahun 2019 lalu. Sejak tahun 2016, Android memang mendukung aplikasi yang berjalan di platformnya untuk membuat shortcut sejumlah fitur utama mereka. Namun, belum banyak aplikasi populer seperti Instagram yang mengimplementasikan shortcut tersebut.


Sumber Foto & Berita: tekno.kompas.com

bottom of page